Harganas, Germas Dimulai Dari Keluarga

IMG-20190808-WA0007.jpg

Kabid Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB dr. Rosina Kiu mewakili Plt Kadinkes Provinsi Gorontalo mengikuti Jalan Sehat dalam rangka Puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Provinsi Gorontalo di Marisa Kabupaten Pohuwato, Kamis (08/08/2019)

Kabupaten Pohuwato, Dinkesprov – Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2019 dipusatkan di Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato, Kamis (08/08/2019) berlangsung meriah.

Acara diawali dengan jalan sehat itu dihadiri oleh para pejabat Provinsi dan pemerintah daerah dan ribuan masyarakat yang memenuhi areal tempat wisata Pohon Cinta.

Pada Puncak Peringatan Harganas ini hadir mewakili Plt Kadinkes Provinsi Gorontalo dr. Rosina Kiu selaku Kabid Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB ikut larut dalam kemeriahan acara.

Peringatan Harganas ini menurut dr. Rosina adalah momentum memberikan motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya keluarga.

“Dengan tagline Cinta Keluarga, Cinta Terencana, mengajak kita semua bahwa mencintai keluarga berarti kita merencanakan keluarga yang bahagia, sejahtera, dan berbudaya,” ujarnya disela-sela jalan sehat.

Pada prinsipnya, keluarga seharusnya menjadi tempat pertama yang berfungsi untuk melindungi, membimbing, dan memberdayakan anggota keluarga baik secara sosial, ekonomi, dan budaya.

Hal itu jika dikaitkan dengan kesehatan, keluarga memegang peranan penting. Saat ini pemerintah mempunyai program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Pendekatan keluarga sehat dengan mengembangkan Indikator Keluarga Sehat (IKS) diharapkan menjamin terjadinya peningkatan derajat kesehatan yang pada gilirannya meningkatkan kualitas bangsa.

Dengan menggunakan data Riskesdas 2018, terdapat korelasi yang kuat antara Indeks Pembangunan Manusia (IPM), INDEKS Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) dan Indeks Kesehatan Keluarga (IKS).

“Hubungannya adalah ekonomi, pendidikan dan kesehatan diharapkan akan meningkatkan umur harapan hidup (UHH) yang diuraikan dalam indikator kesehatan” kata dr. Rosina.

Selain itu, program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dapat dimulai dari keluarga, sehingga Keluarga mempunyai peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Hal itu, lanjut dr. Nina dapat dicontohkan misalnya kepala keluarga tidak merokok, keluarga mengkonsumsi makanan lokal buah, sayur dan ikan, menggunakan fasilitas olahraga dan taman kota untuk rekreasi dan berolahraga bersama keluarga serta menjaga kebersihan tempat tinggal dan lingkungannya, pungkas dr. Rosina.

Rilis : MD dan ILB
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 5 =

scroll to top
X