Hebat, Nakes Teladan Gorontalo Wakili Indonesia Pada Sidang WHA Ke 72 di Jenewa

WhatsApp-Image-2019-05-14-at-07.56.27-e1557792702866.jpeg

Vionita Isa, S.Kep, Ners Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Limboto, Kabupaten Gorontalo salah satu tim Delegasi Indonesia pada Sidang World Health Assembly (WHA) ke-72 di Jenewa, Swiss yang diselenggarakan tanggal 20 - 28 Mei Tahun 2019

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Provinsi Gorontalo kembali mengukir prestasi di tingkat nasional karena di tunjuk mewakili Indonesia pada Sidang World Health Assembly (WHA) ke-72 di Jenewa, Swiss yang diselenggarakan tanggal 20 – 28 Mei Tahun 2019.

Pertemuan WHA merupakan forum pertemuan tahunan yang diselenggarakan oleh WHO dan dihadiri oleh para Menteri Kesehatan dari seluruh dunia. Pertemuan akan menetapkan keputusan menyangkut penanganan isu kesehatan global yang menjadi kepentingan bersama.

The 71st World Health Assembly tahun 2018 (Photo : WHO)

Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda E. U. Nalole, SE, M.Si hal ini tertuang dalam surat Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Kemenkes RI perihal Permintaan Pengajuan Tenaga Kesehatan Teladan untuk Menghadiri Sidang WHA ke-72 di Jenewa, Swiss.

“Pertimbangannya adalah pentingnya peran dan keterlibatan pemuda, khususnya tenaga kesehatan untuk dapat mengikuti proses pengambilan kebijakan pada isu kesehatan global” ungkap Misranda saat dimintakan konfirmasinya.

Selain itu, informasi yang diperoleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo bahwa penunjukan ini merupakan hasil Rapat Terbatas dengan Menteri Kesehatan di Jakarta tanggal 7 Mei 2019. Diputuskan bahwa Sdri. Vionita Isa, S.Kep, Ners dari Puskesmas Limboto, Kabupaten Gorontalo akan mewakili tenaga kesehatan teladan untuk menghadiri Sidang WHA ke-72.

“Tentu kami bangga sekali, ini adalah prestasi yang luar biasa karena Tenaga Kesehatan (Nakes) Teladan dari Provinsi Gorontalo untuk kedua kalinya mewakili Gorontalo di luar negeri setelah tahun 2017 Nakes Teladan kita di berangkatkan ke Jepang” kata ibu Mis sapaan akrabnya.

Pemilihan Nakes Teladan sejatinya dilaksanakan setiap tahun secara nasional dan berjenjang dimulai dari tingkat kabupaten/Kota, Provinsi dan tingkat Nasional.

“Kami sangat bersyukur Nakes kita dapat berprestasi sampai ke tingkat nasional, dan semua ini berkat dukungan dari jajaran kesehatan di Provinsi Gorontalo terutama Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo yang selalu mengirimkan Nakesnya di tingkat Provinsi” bebernya.

Keterlibatan Nakes Teladan pada kegiatan-kegiatan Internasional diharapkan akan memberikan kontribusi pemikiran pemuda dalam menghadapi situasi kesehatan global sehingga dianggap penting dalam setiap pengambilan keputusan di bidang Kesehatan.

Sementara itu untuk diketahui, Sidang WHA ke-72 akan membahas implementasi Cakupan Kesehatan Semesta dengan tema “Universal Health Coverage: leaving no-one behind‘.

Selain itu, akan dibahas 21 isu kesehatan global yang juga menjadi kepentingan Indonesia antara Iain: Pandemic Influenza Preparedness Framework; Health, Environment, and climate change; Global shortage and access to medicines and vaccines; Promoting the health refugees and migrants; serta pembahasan progress in the implementation of the 2030 Agenda for Sustainable Development.

Rilis : MD
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × two =

scroll to top
X