Kadinkes Pohuwato Advokasi Germas Dihadapan Lintas Sektor Pemda

IMG-20190806-WA0013.jpg

Kadinkes Kabupaten Pohuwato dr. Supandi Abdullah, M. Kes., saat membuka acara Forum Koordinasi dengan Lintas sektor terkait Pelaksanaan Germas, Selasa (06/08/2019) di Grand Permai Marisa

Kabupaten Pohuwato, Dinkesprov – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) telah digaungkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sejak tahun 2017 dan telah di Implementasikan di daerah bahkan sampai ke pelosok seluruh Indonesia.

Khusus untuk Provinsi Gorontalo, berbagai inovasi telah dilakukan dalam membumikan Germas sehingga masyarakat dapat berperilaku Hidup Bersih dan Sehat dan terhindar dari risiko penyakit.

Untuk menindaklanjutinya, dilaksanakan Forum Koordinasi Lintas Sektor terkait Pelaksanaan Germas di Kabupaten Pohuwato, selasa (06/08/2019) di Grand Permai Marisa.

Hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato dr. Supandi Abdullah, M. Kes., memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

Kasie Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Nancy Pembengo, S. Si., saat memberikan materi Implementasi Germas di Provinsi Gorontalo

Kadinkes Pohuwato mengungkapkan Germas adalah gerakan melibatkan masyarakat sehingga perlu di sosialisasikan kepada masyarakat dengan mengedepankan Promotif dan Preventif tanpa mengesampingkan kuratif dan rehabilitatif.

Germas merupakan upaya pencegahan sehingga masyarakat diharapkan tidak berisiko terkena penyakit, juga perlu diimplementasikan diantaranya makan buah dan sayur, tidak merokok.

Lanjutnya, khususnya merokok, karena perokok pasif sama berbahaya dengan perokok aktif, kami berusaha menerbitkan Perbub tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok.

Selain itu, diungkapkannya saat ini terjadi pergeseran Epidemiologi penyakit. Penyakit Tidak Menular semakin naik trennya diantaranya hipertensi, kolesterol dan Obesitas.

“Salah satu kegiatan Germas yaitu melakukan aktifitas fisik 30 menit setiap hari yang diimplementasikan dalam bentuk Peregangan serta olahraga teratur diharapkan dapat mencegah terjadinya penyakit tidak menular” beber dr. Supandi.

Juga diharapkan oleh dr. Supandi agar setiap pertemuan disajikan buah, tidak mengkonsumsi alkohol dan menjaga kebersihan lingkungan” pungkasnya.

Acara ini dihadiri oleh lintas program Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato dan lintas sektor pemerintah daerah Kabupaten Pohuwato.

Rilis : MD & ILB
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + 12 =

scroll to top
X