Kampanye ‘Cerdik’ Di Pencanangan HUT Proklamasi Ke 74 Tingkat Provinsi Gorontalo

IMG-20190809-WA0004.jpg

Pelepasan balon tanda dimulainya rangkaian kegiatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 74 Tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2019, Jum'at (09/08/2019) di Lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Pemerintah Provinsi Gorontalo mencanangkan kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 74 tahun 2019, Jum’at (09/08/2019) di lapangan taruna remaja kota Gorontalo.

Acara yang dicanangkan langsung oleh Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie ini turut dihadiri Wakil Gubernur H. Idris Rahim, Walikota Gorontalo Marten Taha jajaran Pemerintah Provinsi dan Kota Gorontalo, siswa-siswi SMA, Puskesmas se kota Gorontalo serta masyarakat turut serta memeriahkan rangkaian kegiatan.

Kegiatan ini mengangkat Tema HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini yaitu SDM Unggul Indonesia Maju.

Diikuti oleh ribuan peserta, acara dimulai dengan senam pagi bersama ini sangat meriah kemudian dilanjutkan dengan pelepasan balon sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan dan diakhiri dengan hiburan dan pengumuman door prize.

Senam pagi mengawali Pencanangan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 74 Tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2019

Dalam memeriahkan pencanangan ini, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo turut serta melakukan pelayanan kesehatan yaitu melakukan Screening Penyakit Tidak Menular (PTM) dan pengobatan sesuai hasil pemeriksaan.

Menurut Kadinkes Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M. Si., fokus kegiatan pelayanan kali ini adalah Screening PTM dengan maksud untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya cek kesehatan secara berkala.

Cek kesehatan ini dimaksudkan sebagai upaya preventif agar mereka yang diperiksa tahu kondisi kesehatannya, terang Misranda.

“Untuk memudahkan kita ingat saja CERDIK untuk mencegah terkena penyakit” kata Misranda.

Misranda menjelaskan CERDIK merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres. Jika CERDIK dijalankan dengan baik, maka dapat mengurangi risiko terkena penyakit khususnya penyakit tidak menular.

Screening Penyakit Tidak Menular (PTM) oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo

Menurut Misranda, beberapa faktor risiko yang menyebabkan PTM diantaranya kebiasaan, kurang aktivitas merokok, menjadi perokok pasif, kebiasaan minum alkohol, kegemukan dan pola makan tidak sehat.

“Jika kita menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, maka risiko atau kemungkinan untuk terkena PTM akan berkurang,” pungkasnya.

Pelayanan Kesehatan ini melibatkan Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kota Gorontalo dan Puskesmas.

Rilis : MD
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 4 =

scroll to top
X